Perbedaan Sinusitis Akut Dan Kronis

Perbedaan Sinusitis Akut Dan Kronis

Perbedaan Sinusitis Akut Dan Kronis Sinusitis merupakan salah satu penyakit atau suatu kondisi dimana terdapat gangguan kesehatan (peradangan) pada dinding sinus. Kondisi penyakit sinusitis ini sangat umum terjadi dan dapat terjadi pada siapa saja tak terkecuali anak-nak.

Penyakit sinusitis ini memiliki beberapa jenis atau tipe, yang dimana jenis atau tipe sinusitis ini umumnya dibedakan berdasarkan durasi atau lamanya perjalanan penyakit. Mengenai hal tersebut, maka pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai Perbedaan Sinusitis Akut Dan Kronis.

Sekilas Tentang Sinusitis

Perbedaan Sinusitis Akut Dan Kronis

Sinusitis merupakan suatu kondisi dimana sinus atau dinding sinus mengalami innflamasi atau peradangan, yang diakibatkan dari adanya penyumbatan didalamnya. Sinus sendiri merupakan rongga kecil berisi udara yang terletak di tulang pipi (maxillary), bagian bawah dahi (frontal)

Bagian belakang rongga hidung (sphenoid), serta diantara hidung dan mata (ethmoid). Rongga sinus membuka lubang pada hidung. Sinus sendiri berperan penting dalam meningkatkan kualitas suara seseorang, akan tetapi hal tersebut bukanlah fungsi utama dari sinus.

Tugas sinus sendiri ialah untuk menghasilkan mukus atau cairan lengket dan tebal di hidung, Mukus yang dihasilkan oleh sinus tersebut turut bekerja untuk mencegah masuknya kuman, allergen penyebab alergi dan benda-benda asing yang dapat menyebabkan infeksi dalam tubuh.

Selain itu, mukus yang dihasilkan oleh sinus tersebut juga berfungsi membantu mengendalikan suhu dan kelembapan udara yang masuk ke paru-paru. Mukus ini mengalir kehidung melalui saluran-saluran kecil. Yang dimana saluran ini dapat terhalang apabila sinus terinfeksi.

Gejala penyakit sinusitis ini dapat terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung hanya dalam jangka waktu pendek. Kondisi ini biasa disebut sebagai sinusitis akut. Selain itu, untuk kasus sinusitis yang parah, peradangan sinus dapat berlangsung dalam waktu yang lama, biasanya 3 bulan dan sering kambuh.

Kondisi tersebut (peradangan dalam jangka waktu yang panjang/lama) biasa disebut sebagai sinusitis kronis. Meskipun terdapat beberapa tipe atau jenis, namun secara garis besar penyakit sinusitis ini dibagi menjadi dua tipe atau jenis, yakni sinusitis akut dan sinusitis kronis.

Mengenai hal tersebut, apakah anda tahu apa perbedaan dari kedua jenis/tipe sinusitis tersebut ?, bagi anda yang belum tahu, maka kini anda tidak usah khawatir, karena pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai Perbedaan Sinusitis Akut Dan Kronis.

  • Sinusitis Akut

Sinusitis akut merupakan tipe/jenis sinusitis yang pada biasanya disebabkan oleh flu biasa yang mengakibatkan infeksi virus. Pengobatan sinusitis akut ini biasanya dilakukan di rumah dengan cara memanfaatkan tanaman herbal yang bisa dijadikan sebagai solusi untuk mengobati sinusitis.

Apabila pengobatan dirumah tidak ada efek apapun atau pengobatan tidak kunjung sembuh, maka kami sarankan agar anda berkonsultasi kepada dokter. Hal ini agar sinusitis yang diderita dapat langsung di tangani. Dan berikut ini beberapa gejala sinusitis akut yang sering terjadi, diantaranya :

  • Ingus atau lendir hidung berwarna hijau atau kuning
  • Bagian wajah terasa nyeri atau tertekan
  • Hidung mampet
  • Indra penciuman mengalami penurunan (sulit menangkap bau)
  • Batuk
  • Bau mulut
  • Kelelahan
  • Sakit gigi
  • Hidung mampet

Apabila anda mengalami gejala tersebut atau sudah terlanjur mengidap sinusitis, maka alangkah baiknya segera untuk melakukan pengobatan dini, seperti dengan banyak meminum air atau membuat ramuan obat sinusitis dari tanaman. Hal ini agar supaya sinusitis yang diderita tidak semakin parah.

Baca juga : Tanaman Obat Sinusitis Paling Ampuh

  • Sinusitis Kronis

Sinusitis kronis merupakan suatu kondisi dimana rongga sinus mengalami peradangan selama setidaknya 12 minggu, yang terkadang sulit untuk hilang walaupun telah dilakukan perawatan. Kondisi ini bisa mengganggu saluran pernapasan dan menyebabkan penumpukan lendir.

Sinusitis kronis paling sering menyerang orang dewasa, namun dapat juga menyerang anak-anak. Sinusitis kronis dapat diakibatkan oleh pertumbuhan pada sinus (polip hidung), infeksi, penyimpangan septum hidung. Dan berikut beberapa gejala sinusitis kronis yang umum terjadi, diantaranya :

  • Wajah mengalami pembengkakan
  • Wajah terasa nyeri dan tertekan
  • Hidung mampet
  • Demam
  • Hidung mengeluarkan lendir yang terus menerus.
  • Dalam kasus yang parah, sinusitis kronis dapat mengeluarkan nanah dari rongga hidung.
  • Batuk-batuk pada anak
  • Indra penciuman dan pengecap berkurang
  • Nyeri pada telinga, rahang atas, dan gigi

Demam bukanlah gejala umum dari sinusitis kronis. Gejala dari kedua jenis/tipe sinusitis tersebut memiliki tanda atau gejala yang serupa, namun sinusitis akut hanya infeksi sementara dan sering dikaitkan dengan munculnya demam. Sementara tanda/gejala sinusitis kronis berlangsung lebih lama.

DEMIKIAN INFORMASI DARI KAMI MENGENAI “PERBEDAAN SINUSITIS AKUT DAN KRONIS”. TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI WEBSITE RESMI KAMI (AZKA HEBRAL), SEMOGA INFORMASI DARI KAMI DAPAT BERMANFAAT BAGI ANDA SEMUA YANG MEMBUTUHKAN.

Posted By : Perbedaan Sinusitis Akut Dan Kronis

Artikel Terkait :

Sponsored By

Perbedaan Sinusitis Akut Dan Kronis

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*