Ciri-Ciri Penyakit Sinusitis Pada Bayi

Ciri-Ciri Penyakit Sinusitis Pada Bayi

Ciri-Ciri Penyakit Sinusitis Pada Bayi – Sinusitis merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup umum terjadi dan dapat terjadi pada siapa saja, termasuk anak-anak atau bayi. Meski begitu, namun pada sebagian besar kasus, umumnya penyakit sinusitis ini lebih sering menyerang atau menimpa orang dewasa. Berbicara mengenai sinusitis, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa Ciri-Ciri Penyakit Sinusitis Pada Bayi. Mari simak terus artikel ini sampai tuntas.

Sekilas Tentang Sinusitis

Ciri-Ciri Penyakit Sinusitis Pada Bayi

Sinusitis merupakan suatu kondisi dimana organ tubuh yang bernama sinus mengalami infeksi atau pembengkakan. Sinus sendiri merupakan rongga kecil berisi udara, yang dimana rongga kecil ini saling berhubungan melalui saluran udara di dalam tulang tengkorak. Rongga tersebut terletak di tulang pipi, bagian bawah dahi, bagian belakang rongga hidung serta diantara hidung dan mata.

Perlu diketahui, bahwa organ sinus berperan penting dalam meningkatkan kualitas suara seseorang, namun hal tersebut bukanlah fungsi utama dari organ sinus, karena fungsi utama dari organ sinus sendiri ialah untuk menghasilkan mukus atau cairan lengket dan tebal di hidung. Mukus tersebut berfungsi membantu mengendalikan suhu tubuh dan kelembapan udara yang masuk ke paru-paru.

Selain itu, mukus yang dihasilkan oleh sinus tersebut juga turut bekerja untuk mencegah masuknya kuman, allergen penyebab alergi dan benda-benda asing yang dapat menyebabkan infeksi dalam tubuh. Mukus atau lendir cairan sinus tersebut mengalir ke hidung melalui saluran-saluran kecil, yang dimana saluran kecil ini bisa terhalang jika sinus terinfeksi atau mengalami peradangan.

Sinusitis pada orang dewasa dapat disebabkan karena pembengkakan dinding dalam hidung, yang disebabkan oleh virus flu atau pilek yang disebarkan sinus dari saluran pernapasan atas. Selain birus flu atau pilek, kebiasaan merokok, infeksi gigi, dan infeksi jamur juga dapat menjadi faktor pemicu terjadinya sinusitis pada orang dewasa.

Baca juga : Tanaman Obat Sinusitis Paling Ampuh

Sementara itu, sinusitis yang terjadi pada anak-anak dapat di disebabkan oleh alergi tertentu dan penularan penyakit atau lingkungan hidup yang terlalu berasap. Secara umum, seorang anak yang menderita sinusitis akan menjadi lebih sensitif dan peka terhadap rangsangan pemicu sinusitis. Seorang anak yang menderita sinusitis tentunya akan sangat terganggu dengan terjadinya sinusitis.

Apabila anak anda (bayi) mengalami batuk dan pilek, maka anda (orang tua) harus mewaspadai dan mengobatinya, karena batuk dan pilek yang dialami buah hati anda bisa bertambah parah menjadi sinusitis apabila terjadi serangan alergi, seperti alergi udara atau debu. Dan berikut ini beberapa Ciri-Ciri Penyakit Sinusitis Pada Bayi yang harus diwaspadai oleh anda para orang tua, diantaranya :

  • Suhu tubuh bayi meningkat dan demam
  • Bayi rewel, mungkin dikarenakan rasa tidak nyaman akibat hidung dan daerah sekitar dahinya terasa sakit
  • Bayi akan mengeluarkan cairan hidung kental berwarna kuning kehijauan
  • Bayi terlihat lemas dan lemah
  • Mata dan hidung si bayi terlihat bengkak
  • Bayi mengalami batuk yang tak kunjung reda atau sembuh
  • Hidung tersumbat selama lebih dari sepuluh hari

Beberapa ciri-ciri penyakit sinusitis pada bayi tersebut pada umumnya akan memburuk pada malam hari, karena suhu udara yang menurun membuat hidungnya  makin tersumbat dan menekan bagian sinus yang membengkak. Apakah anak (bayi) anda mengalami beberapa ciri tersebut ?, jika memang demikian, maka segera lakukan penanganan atau pengobatan sinusitis dengan tepat dan cepat.

DEMIKIAN INFORMASI DARI KAMI MENGENAI BEBERAPA “CIRI-CIRI PENYAKIT SINUSITIS PADA BAYI”. TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI WEBSITE RESMI KAMI (AZKA HERBAL) DAN JUGA TERIMA KASIH TELAH MENYIMAK ARTIKEL KAMI INI SAMPAI TUNTAS, SEMOGA INFORMASI DARI KAMI DAPAT BERMANFAAT BAGI ANDA SEMUA YANG MEMBUTUHKAN.

Posted By : Ciri-Ciri Penyakit Sinusitis Pada Bayi

Sponsored By

Ciri-Ciri Penyakit Sinusitis Pada Bayi

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*